Susah Gemuk, Padahal Banyak Makan, Mungkin Ini Penyebabnya

Di tengah banyaknya orang yang mengeluh untuk menurunkan berat badan. Ternyata ada juga orang yang yang stress karena susah gemuk meski banyak makan. 

Ada berbagai hal yang menyebabkan orang yang sudah makan banyak tapi tetap kurus. Ketahui beberapa penyebabnya yang akan dijelaskan berikut ini. 

 

Penyebab Orang Susah Gemuk Meski Makan Banyak

Sulit menambah berat badan seringkali dikeluhkan dari orang yang terlalu kurus. Padahal mereka sudah banyak makan. Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi sulit untuk gemuk. 

Faktor genetik atau keturunan

Penyebab pertama orang yang sulit gemuk adalah adanya faktor genetik atau keturunan. Ternyata gen tubuh kurus bisa diturunkan dari keluarga. 

Orang yang diketahui memiliki keturunan kurus. Meski mereka berusaha untuk menambah berat badan dengan memakan banyak makanan dan minum berbagai macam vitamin. Biasanya akan cenderung sulit untuk menambah berat badan. 

Faktor keturunan akan membuat seseorang memiliki metabolisme yang cepat. Perlu diketahui kalau metabolisme memiliki peran penting untuk pembakaran kalori di dalam tubuh. 

Hal tersebut yang bisa menyebabkan seseorang sulit untuk gemuk meskipun sudah melakukan banyak makan. Oleh karena itu, faktor genetik yang mempengaruhi seseorang dalam merespon makanan di dalam tubuh. 

Terlalu banyak aktivitas fisik

Penyebab selanjutnya orang yang sulit gemuk adalah terlalu banyaknya aktivitas yang dimilikinya. Terutama aktivitas fisik. 

Ketika melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, maka tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Jika sering melakukan aktivitas berlebihan, seperti olahraga. Maka meski sudah mengkonsumsi makanan yang sudah banyak tetap saja akan kurus. 

Sering begadang

Ternyata sering begadang juga menjadi penyebab orang susah untuk menjadi gemuk. Perlu diketahui kalau begadang bisa membuat metabolisme tidak berjalan lancar, terutama untuk penyerapan nutrisi. 

Jika sudah makan banyak tapi badan semakin kurus, bisa jadi penyerapan nutrisi di dalam tubuh berjalan kurang baik. 

Kecanduan alkohol

Kecanduan alkohol bisa membuat orang kurus sulit untuk gemuk. Alkohol yang masuk di dalam tubuh akan dicerna dan diserap oleh darah kemudian akan diedarkan ke seluruh tubuh. 

Akhirnya alkohol yang terserap tersebut akan menekan sistem saraf. Dalam jumlah yang kecil mungkin alkohol bisa memberikan efek yang tenang. Tapi akan berbeda jika jumlahnya besar. 

Oleh karena itu, kurangi atau hindari alkohol jika ingin menggemukkan badan. 

Gaya hidup yang kurang sehat

Kesibukan yang menumpuk seringkali membuat lupa untuk makan. Bahkan akibat kesibukan sering makan makanan yang asal-asalan yang tidak mengandung gizi yang cukup. 

Perlu diketahui kalau ingin menggemukkan badan memerlukan konsumsi makanan yang bergizi. Jika hanya asal makan, maka tidak akan bisa menggemukkan badan. 

Gangguan hipertiroidisme

Sudah makan banyak tapi tetap kurus. Bisa jadi adanya gangguan kelenjar tiroid yang disebut hipertiroidisme. 

Penyakit tersebut muncul karena kelenjar tiroid atau getah bening di dalam tubuh terlalu aktif menghasilkan kelenjar tiroksin. 

Adanya kelenjar tiroksin yang berlebihan akan menyebabkan metabolisme berjalan lebih cepat. Uniknya kondisi tersebut akan membuat nafsu makan bertambah. Tapi di saat bersamaan metabolisme berlangsung dengan cepat. 

Keadaan tersebutlah yang menjadikan badan sulit untuk gemuk. Selain itu ada ciri lainnya orang yang mengalami kelenjar tiroid. 

Cirinya adalah detak jantung tidak teratur, sering cemas dan gelisah, sering buang air, tangan dan jari sering Tremor, dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa penyebab orang yang susah gemuk. Ketahui penyebabnya sehingga bisa mengatasi atau mencari solusi yang tepat. Bisa konsultasikan ke dokter untuk mengatasi masalah sulit untuk gemuk. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *