Saat asam lambung naik, tentunya sangat tidak nyaman. Anda akan merasa mual, tenggorokan seperti terbakar, mulut pahit, serta rasa nyeri di lambung. Asam lambung yang naik dengan cepat dapat disebabkan banyak hal, mulai dari makanan yang baru saja Anda konsumsi, tidur malam yang tidak cukup, hingga stres.

Jika tidak segera ditangani, kondisi asam lambung ini akan mengganggu aktivitas. Bukan tidak mungkin memicu ketidaknyamanan berkepanjangan dan komplikasi yang mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Apa itu Asam Lambung?

Penyakit asam lambung merupakan kondisi saat asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, dan berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut.

Orang yang mengidap penyakit ini umumnya mengalami refluks asam yang ringan paling tidak dua kali seminggu, dan gangguan yang parah paling tidak sekali dalam seminggu. Oleh sebab itu, pengidap asam lambung harus mengetahui cara mengatasi asam lambung naik, misalnya dengan perubahan gaya hidup.

Bagaimana Cara Mengatasi Asam Lambung Naik?

Ada beberapa cara mengatasi asam lambung naik secara alami yang dapat dilakukan, antara lain:

Hindari makanan pedas, berlemak, dan asam

Untuk mengatasi asam lambung naik, sebaiknya menghindari makanan pedas, makanan berlemak seperti makanan yang mengandung mentega, daging berlemak, jeroan, susu full cream, keju, aneka saus, gorengan, dan makanan asam seperti lemon dan tomat.

Atur pola tidur

Kebiasaan begadang juga dapat menyebabkan asam lambung naik. Atur pola tidur agar lebih teratur setiap harinya. Saat tidur, gunakan pakaian yang longgar, terutama pada bagian perut. Gunakan bantal yang tinggi untuk menyangga kepala serta punggung atas agar asam lambung tidak naik.

Ganti pola makan yang ramah lambung

Penderita penyakit asam lambung kronis harus mengubah pola makannya jadi lebih ramah lambung. Hindarilah makan berlebihan. Upayakan untuk makan dengan porsi kecil dan lebih sering agar perut tidak kosong terlalu lama. Hindari makan terlalu dekat dengan jam tidur, beri jeda minimal 2 jam.

Jaga berat badan ideal

Mempertahankan berat badan juga sangat penting sebagai cara menyembuhkan asam lambung secara alami. Obesitas dapat meningkatkan asam lambung. Jika berat badan saat ini di atas ideal, jalankan program penurunan berat badan sehat dengan kombinasi olahraga serta pengaturan pola makan.

Mengunyah makanan secara perlahan

Cara mengatasi asam lambung naik satu ini terdengar ringan, namun sering kali disepelekan. Padahal dampaknya sangat bagus untuk mencegah asam lambung naik.

Kenakan pakaian longgar dan tidak ketat

Menggunakan pakaian yang longgar dapat menghindari Anda dari resiko mengalami tekanan tambahan pada perut. Langkah ini dijuga dinilai ampuh sebagai cara mengatasi asam lambung naik.

Kelola Stres

Jika penyebab gejala asam lambung adalah stress, maka dianjurkan untuk melakukan meditasi, relaksasi dan konseling selain hanya memberikan obat-obatan pereda maag. Jika masalah asam lambung disebabkan oleh masalah psikologis yang serius, maka Anda dianjurkan menjalani psikoterapi.

Berhenti merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menurunkan fungsi sfingter esofagus. Sfingter esofagus ialah cincin otot di kerongkongan yang bertugas membuka dan menutup katup kerongkongan sesuai kebutuhan. Dan membuat cincin otot ini melemah, sehingga asam lambung lebih mudah naik.

Asam lambung yang naik ke organ tubuh bagian atas memang tidak nyaman. Anda harus memulai menjalani gaya hidup yang lebih sehat supaya terhindar dari gejalanya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

slot terpercaya slot resmi slot terbaru slot gacor
liputanwarga
24fakta
pintuwarga
studioberita
faktakata
jelajahharian
pinturakyat
pusatberita
infoterupdate
infoterbaru
pucatberita
pusatberitah
24jamterbaru
redaksi sipil
viral62
indoredaksi
pastifakta
62terkini
redaksi62
trending62
martek.id
mac218
mac218
mac218
rtp mac218
slot dana
situs slot777 situs slot777 situs slot777