4 Cara Menghilangkan Karang Gigi di Rumah

Makan dan minum adalah aktivitas yang pasti dilakukan oleh manusia dalam kesehariannya. Namun, setelah aktivitas tersebut terkadang kita lupa bahwa ada zat zat sisa makanan tertentu yang tersisa di mulut dan tidak dibersihkan dengan baik.

Sisa sisa makanan tersebut, utamanya makanan yang manis dan berpati akan menjadi bakteri yang menumpuk pada bagian belakang gigi. Jika dibiarkan terlalu lama bakteri tersebut akan menjadi sebuah plak yang keras dan sulit sekali dibersihkan.

Pada rentang waktu tertentu, plak yang telah berbentuk karang gigi akan menyebabkan berbagai kerusakan pada gigi. Hal ini tentu saja harus dihindari dan dicegah sedini mungkin.

Apa Itu Karang Gigi?

Telah disebutkan sebelumnya bahwa karang gigi adalah sebuah plak keras yang biasanya menempel pada bagian belakang gigi di area gusi.

Karang gigi terbentuk secara jangka panjang karena bakteri bakteri yang telah mengendap dan tidak dibersihkan secara rutin.

Plak yang telah mengeras ini tentu saja berbahaya bagi kesehatan gigi karena plak yang telah mengeras atau karang gigi tersebut bisa membuat gigi keropos ataupun berlubang.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

1. Sikat Gigi Dengan Pasta Khusus

Cara menghilangkan karang gigi yang paling sederhana adalah dengan menggosok gigi secara rutin. Ini adalah langkah pencegahan dan pembersihan karang gigi terbaik yang bisa dilakukan secara rutin.

Adapun, agar hasil aktivitas gosok gigi anda bisa berjalan maksimal, anda disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut yang bisa menjangkau seluruh area di dalam gigi dan mulut.

Selain sikat gigi yang pas, anda juga disarankan untuk menggunakan pasta gigi berbahan khusus. Anda bisa menggunakan pasta dengan kandungan triclosan dan fluoride yang memang fungsinya adalah untuk melakukan kontrol terhadap pembentukan karang gigi.

Dalam berbagai penelitian, penggunaan bahan bahan aktif pada pasta gigi memang menunjukan hasil yang sangat efektif untuk pembersihan plak. Untuk pasta gigi jenis tersebut anda bisa membelinya di toko atau swalayan terdekat dengan melihat isi label kemasan.

2. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur biasanya digunakan setelah seseorang menggosok gigi, fungsinya adalah untuk membersihkan sisa sisa makanan yang masih belum dibersihkan maksimal ketika proses gosok gigi.

Anda bisa menggunakan berbagai obat kumur antiseptik yang tersedia di pasaran. Biasanya setiap merk obat kumur mengandung bahan chlorhexidine, cetylpyridium dan bahan lainnya yang mamang ampuh untuk melawan plak pada gigi.

3. Bersihkan Dengan Benang Gigi

Bukan hanya dengan pasta gigi ataupun mouthwash, anda bisa menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sisa sisa makanan yang ada dimulut.

Cara ini dinilai efektif karena benang gigi bisa menjangkau area area yang terkadang sulit dijangkau oleh pasta gigi. So, tidak ada salahnya anda melakukan pembersihan dengan benang gigi.

4. Konsumsi Suplemen Khusus

Cara pembersihan karang gigi lainnya adalah dengan mengkonsumsi suplemen suplemen khusus yang kaya akan kurkumin, zinc ataupun green tea. Diketahui ketiga bahan tersebut bermanfaat untuk mengurangi plak plak pada gigi serta mencegah pembentukan karang gigi.

Selain suplemen khusus, anda juga bisa mengunyah permen karet jika diperlukan. Permen ini diharapkan dapat membersihkan sisa sisa makanan yang telah berbentuk asam dan bisa menyebabkan plak.

Namun, yang perlu digaris-bawahi adalah anda perlu menggunakan permen karet yang bebas gula. Hal ini dikarenakan kebanyakan merk permen karet memiliki kandungan gula yang tinggi yang tentunya kurang baik untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.