Selain Bisa Lawan Tanda Penuaan, Ini Manfaat Lain Neem Oil untuk Kulit

– Kawan Puan, apakah kamu sudah kenal dengan neem oil atau minyak neem? Seperti diketahui, neem oil merupakan minyak yang dihasilkan dari biji tanaman neem yang juga terkenal sebagai lili India. Sejak zaman dahulu, neem ternyata sudah terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati berbagai kondisi kulit.

Tak heran jika saat ini, neem menjadi salah satu kandungan yang banyak terdapat pada produk skincare , body care hingga kosmetik. Neem sendiri memiliki beberapa kandungan seperti asam lemak, vitamin E, kalsium, trigliserid hingga antioksidan yang memiliki manfaat untuk kulit. Lantas, apa saja manfaat neem oil untuk kulit? Seperti yang dikutip dari Medical News Today , berikut ini manfaat neem oil yang perlu Kawan Puan ketahui.

Kegunaan neem oil yang pertama adalah mampu membantu dalam mencegah tanda penuaan. Sebuah studi dalam Journal of Photochemistry and Photobiology B: Biology tahun 2017 menyebutkan bahwa neem oil terbukti bermanfaat mencegah kulit dari tanda penuaan. Beberapa tanda yang mampu dilawan dengan menggunakan neem oil ini seperti keriput, penebalan kulit, kemerahan sampai kulit kendur karena kehilangan kandungan air.

Selain itu, penggunaan neem oil yang digunakan bersama booster kolagen bisa mengembalikan tekstur kulit, sehingga kulit keriput bisa kembali plumpy . Dari hasil studi tersebut juga menyebutkan, bahwa neem oil bisa membantu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Bahkan dibandingkan dengan beberapa produk perawatan kulit lainnya, neem oil menunjukkan proses penyembuhan luka yang lebih cepat.

Selain itu, neem oil juga bisa membantu memudarkan bekas luka lebih cepat. Pasalnya neem oil mampu memicu tumbuhnya sel sel baru yang mampu menutup luka pada kulit secara lebih cepat.

Kawan Puan, selain mempercepat menutupnya luka, manfaat neem oil juga bisa membantumu dalam melawan bakteri. Ya, neem oil juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri pada kulit. Hal tersebut dikarenakan ekstrak neem yang terdapat di dalam neem oil mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

Sehingga wajah bisa terhindar dari berbagai masalah kulit seperti jerawat membandel. Selain melalui produk perawatan seperti skincare atau bodycare , Kawan Puan juga bisa mengaplikasikan neem oil langsung pada kulit. Masih mengutip dari sumber yang sama, berikut cara menggunakan neem oil yang disarankan!

Pertama, pastikan kamu menggunakan neem oil organik. Tanda neem oil organik bisa dilihat dari warnanya yang kuning kecokelatan dan aromanya yang sedikit menyengat. Meski aman untuk semua jenis kulit, Kawan Puan bisa mengaplikasikan neem oil di satu bagian wajah tertentu untuk melihat apakah kulitmu ada alergi atau tidak. Cara mengetesnya adalah campurkan ke dalam air atau sabun cuci mukamu.

Nah jika setelah beberapa saat kulitmu tidak timbul kemerahan atau rasa gatal, kamu bisa kembali mengaplikasikan neem oil ke kulit. Sementara jika muncul kemerahan atau rasa gatal, baiknya Kawan Puan segera mencuci muka dan jangan dilanjutkan. Kawan Puan, itulah manfaat neem oil untuk kulit dan cara menggunakaannya.

Setelah membaca berbagai manfaat neem oil tersebut, apakah Kawan Puan ingin mencobanya? (*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.